Mari Kita Bermain Bahasa Indonesia!

Memasuki bulan kedua kursus Bahasa Indonesia untuk pemula di PT. Accenture Indonesia, para peserta terlihat telah mengalami kemajuan yang baik dengan makin berani dan seringnya mereka berbicara dalam Bahasa Indonesia. Akan tetapi dikarenakan waktu kursus yang memakan waktu selama 3 jam di hari kerja dimana kebanyakan peserta langsung belajar sehabis bekerja tanpa beristirahat membuat para peserta terlihat lelah. Hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk para trainer untuk bisa membuat kelas menyenangkan walaupun dengan jam kursus yang panjang. Oleh karena itu, kelas Bahasa Indonesia untuk pemula di kelas Ms. Diah menggunakan beberapa metode pembelajaran aktif dan interaktif melalui permainan-permainan bahasa (language games).

Beberapa permainan bahasa (word game) yang kami lakukan antara lain adalah:

  • Mime Game atau Tebak Gerak Tubuh.

Permainan bahasa ini dilakukan pada minggu kedua dan ketiga dimana para peserta sebelumnya dibentuk dalam kelompok yang terdiri dari dua atau tiga orang. Karena kita sedang membahas mengenai kata kerja menggunakan awalan Me-,  setiap kelompok diharuskan berdiskusi dan membuat 5 kalimat sederhana dari kosakata yang telah dipelajari sebelumnya. Para peserta diberikan waktu selama 15-20 menit untuk membuat lima kalimat kemudian setelah itu Ms. Diah akan memeriksa apakah kalimat-kalimat tersebut benar atau salah. Jika masih ada kesalahan, para peserta akan dibantu untuk membenarkan kalimat-kalimat tersebut.  

Ketika semua grup sudah selesai membuat lima kalimat tersebut. Trainer mengundi nomor urutan grup yang akan tampil pertama sampai terakhir. Ketika nomor urut sudah didapatkan, trainer menjelaskan aturan main kepada para peserta dimana perwakilan dari setiap grup akan maju ke depan dan memperagakan kalimat yang telah mereka buat kepada group lain. Waktu yang diberikan untuk grup lain untuk menebak adalah 60 detik. Grup yang dapat menebak pertama mendapatkan skor. Jika tidak ada grup yang bisa menebak, grup yang tampil akan mendapatkan skor. Selama permainan para peserta benar-benar merasa senang karena mereka belajar sambil bermain, mereka bisa tertawa dalam usaha menebak gerak tubuh teman mereka dalam menjelaskan kalimat. Para peserta boleh menggunakan bahasa Inggris dalam usaha mereka menebak, tapi pada akhirnya mereka harus bisa mengatakan kalimat tersebut dalam bahasa Indonesia untuk mendapatkan skornya.

Accenture-biweekly-2-1

Pada akhir permainan, para peserta mengatakan merasa senang tapi di satu sisi juga dapat mempelajari lebih banyak kosa kata dalam bahasa Indonesia. Salah satu peserta, Balajee R (Indian Expatriate), bahkan mengatakan “ This is a good and fun way to do exercises of getting more sentences “.

 

 

  • Role-Plays atau Bermain Peran.

 

Role-plays selalu menarik untuk dilakukan karena aktivitas ini bisa melatih kelancaran berbicara begitu juga dengan akurasi pengucapan. Dalam setiap unit materi Bahasa Indonesia untuk kelas pemula, para peserta dipaparkan dengan contoh percakapan dalam situasi yang dipakai dalam keseharian peserta sebagai expatriate di Indonesia. Trainer memperdengarkan contoh percakapan terlebih dahulu dan kemudian membahas kosakata baru satu persatu lalu melatih secara berulang pengucapan dengan benar. Setelah itu para peserta diberikan waktu untuk berlatih sebelum pada akhirnya mereka akan melakukan percakapan tersebut secara kelompok di depan kelas. Dengan begitu para peserta bisa menjadi lebih percaya diri dalam meggunakan bahasa Indonesia dalam keseharian mereka.

 

  • Matching Activities atau Kegiatan Mencocokkan.

 

Pada kegiatan kelas ini, para peserta diharapkan untuk bisa mencocokan potongan frasa berupa pertanyaan, jawaban ataupun mencocokan dengan terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Kegiatan ini bukan kegiatan mencocokan seperti latihan di dalam buku, tetapi diubah menjadi group work dan melibatkan aktivitas fisik. Para peserta dibagi dalam dua kelompok yang beranggotakan enam sampai tujuh orang. Mereka lalu berbaris berurutan ke belakang. Dua set kartu frasa diletakkan di meja di depan dua group peserta. Dua set pasangan kartu frasa lainnya diletakkan di meja seberang ruangan.

Selanjutnya, yang harus mereka lakukan adalah bergantian mengambil satu kartu frasa dan mencocokan dengan satu kartu frasa pasangannya di meja seberang ruangan dan berjalan ke trainer untuk mengecek kebenaran pasangan kartu frasa tersebut. Jika trainer membenarkan, maka peserta bisa menempelkan kartu tersebut di secarik kertas yang sudah ditempelkan di papan tulis dan peserta kedua dari group tersebut bisa mengambil kartu frasa berikutnya. Grup peserta yang bisa menyelesaikan pasangan kartu frasa-frasa tersebut memenangkan permainan dan yang kalah mendapatkan hukuman berupa pengejaan atau pengucapan kata atau kalimat dengan benar atau mereka harus mengulangnya lagi sampai benar.

Masih Banyak lagi kegiatan asyik dan interaktif yang bisa dilakukan dalam Kelas Bahasa di English Today. Ayo bergabung dan rasakan kegiatan belajar yang menyenangkan bersama-sama.

 

Accenture-biweekly-2-3